mari perkaya wawasan kita dengan berbagi..

Minggu, 11 Januari 2004

Tidak halal bagi seorang muslim mengejutkan/membuat cemas seorang muslim lainnya



Seorang pemuda yang baru duduk di tingkat 1 kuliah diberi tugas untuk mengotopsi kelinci. Ia memberi tahu keluarganya kalau ia berniat akan melakukan itu, dan ia berjanji akan melihatkan hasil pekerjaannya setelah selesai nanti.

Sayangnya ia menangkap mimik ketidak sukaan dari saudarinya yang dalam masa menyusui karena baru saja melahirkan.
Justru itu, jika ia jadi melakukan otopsi ia berjanji di dalam hati akan mencandai kakaknya itu dengan memberikan kejutan berupa kelinci yang sudah dibedah.

Dia pulang ke rumah dan langsung menuju ke kamar kakaknya yang masih dalam masa nifas untuk duduk-duduk bersamanya. Dia masuk ke dalam kamar, sementara kelinci yang sudah dibedah ada di tangannya, untuk ia kagetkan kepada kakaknya.

Namun ia tidak menemukan kakaknya di kamar. Tapi ia mendengar ada suara orang lagi menggunakan air di kamar mandi. Anaknya yang masih sangat kecil berada di atas ranjang.

Langsung saja ia mengambil keponakannya untuk ditimang-timang.

Tiba-tiba pikiran nakalnya muncul.....!!!

Ia mengambil kelinci yang sudah dibedah dan meletakkannya di atas ranjang ganti dari baby. Tujuannya untuk mengagetkan kakaknya. Ia ambil keponakannya dan ia langsung keluar dari kamar.

Hanya berselang beberapa menit, kakaknya keluar dari kamar mandi. Pandangnya langsung tertuju kepada tempat babynya diletakkan.

Ia mengira yang berada di atas ranjang itu adalah anaknya dengan anggota tubuh sudah tercabik-cabik. Karena saking kagetnya ia langsung jatuh terkulai.
Setelah itu jantungnya tiba-tiba berhenti berdenyut.....dan iapun meninggal seketika.

Tragis memang, ia meninggal di sebabkan "canda" dan "iseng" yang kelewat batas.

Kawan !!!

Kita bisa bayangkan bagaimana rasa sesal yang dirasakan oleh anak muda itu. Juga bagaimana kecewa dan sedih yang ditanggungkan oleh keluarganya. Apalagi bila melihat nasib bayi yang masih sangat kecil ditinggal pergi untuk selamanya oleh ibunda tercinta hanya gara-gara......"canda"!!!

Barangkali bukan untuk pertama kali kita mendengar keisengan yang membawa petaka maut seperti ini.


  • Di tempat dan peristiwa lain kita juga pernah mendengar seseorang yang tewas seketika karena ulah teman-temanya yang mengalungkan ular mainan sebagai hadiah ulang tahun.



  • Di lain waktu, seorang mahasiswa mati seketika jatuh dari tangga karena dikagetkan oleh temannya ketika merayakan hari ulang tahunnya.



  • Lain lagi, seorang anak muda tewas karena temannya pura-pura mau menabraknya dengan mobil, ternyata betul-betul ketabrak.




Di sana ada banyak lagi kejadian memilukan dan musibah yang mematikan gara-gara keisengan dan canda.



Rasulullah telah mengingatkan kita:

لا يحل لمسلم أن يروع مسلما

"Tidak halal bagi seorang muslim mengejutkan/membuat cemas seorang muslim lainnya".




Membuat cemas saja hukumnya haram, apalagi kalau kita membunuh saudara kita dengan keisengan.



Perlu diingat terus:

قبل أن تفعل شيئا ففكر عاقبته

"Sebelum kamu melakukan sesuatu pikirkan dulu akibatnya!!!"



Kawan, saya yakin kita semua kesal membaca tulisan ini. Tapi lebih baik kesal sekarang dari pada menyesal akibat ulah "canda" dan "iseng" yang kelewat batas tanpa pertimbangan terlebih dulu.

Ya Allah, selamatkan kami dari perbuatan kesia-siaan sengaja maupun tidak sengaja.

oleh Zulfi Akmal

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tidak halal bagi seorang muslim mengejutkan/membuat cemas seorang muslim lainnya