mari perkaya wawasan kita dengan berbagi..

Selasa, 20 Januari 2004

Permasalahan dan seluk beluk pernikahan



Di antara hal yang wajib dipelajari oleh seorang pemuda sebelum masuk ke jenjang rumah tangga adalah permasalahan yang berhubungan dengan pernikahan, seluk beluk dan tetek bengeknya.

Sangat ironi bila seseorang menikah tapi tidak tahu tentang mandi wajib, haram menggauli istri ketika haid, tidak boleh sembarangan mengucapkan kata talak, jatah mentalak itu hanya dua kali, yang ketiga kalinya tidak boleh ruju' lagi, mudah mengancam akan menjatuhkan talak, dsb.

Coba bayangkan, bagaimana kondisi rumah tangga bila suami sudah lebih tiga kali menjatuhkan talak kepada istrinya, tapi kehidupan rumah tangga tetap berlanjut. Bagaimana hukum pergaulannya? Kalau lahir anak dari pernikahan yang seperti itu bagaimana dengan hukum anaknya?

Jangan malu untuk belajar, kalau perlu kursus dulu sebelum menikah. Ini bukan permasalahan sepele, sekalipun semua orang mengalaminya. Tidak ada alasan tidak tahu bila salah dalam prakteknya, karena kewajiban setiap pribadi mempelajarinya. Juga tidak ada kata malu untuk berguru dalam masalah ini.

Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap laki-laki dan perempuan muslim. Begitu sabda Rasulullah.

Lalu ilmu yang mana yang wajib dipelajari? Apakah setiap ilmu?

Jawabannya tentu tidak. Tapi yang wajib dipelajari itu adalah segala ilmu yang akan memperbaiki amalan dan ibadahnya setiap hari, yang akan ia hadapi dan amalkan sepanjang hayat.

Di antaranya ilmu berumah tangga.

Jangan hanya cara memilih pasangan saja yang dipelajari dalam-dalam. Sampai-sampai di mana tempat perkara itu dibicarakan. Tapi yang lebih penting lagi dipelajari; bagaimana cara bergaul yang benar dengan pasangan itu. Juga bukan hanya dari segi kemesraannya saja, tapi hukum fikih yang terkait dalam setiap tindakan.

Waffaqanallahu jami'an ila ma yuhibbu wa yardha.

oleh : Zulfi Akmal

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Permasalahan dan seluk beluk pernikahan